Pages

Carpenter Bee (Lebah Kayu)


Lebah kayu adalah lebah besar yang tersebar di seluruh dunia. Sekitar 500 spesies lebah kayu berada di 31 subgenera. Disebut lebah kayu (carpenter bee) karena hampir semua spesies membangun sarang mereka di lubang kayu mati, bambu, atau kayu struktural (kecuali yang di subgenus Proxylocopa, yang bersarang di tanah).

Karakteristik
Lebah kayu memiliki mata majemuk yang besar. Bertubuh besar, kokoh, mengkilap, berwarna hitam, beberapa spesies memiliki tanda kuning di punggung mereka. Orang kadang keliru dalam membedakan lebah kayu dengan bumble bee.


Lebah kayu bersarang dengan membuat terowongan di dalam kayu, tubuh mereka bergetar karena rahang mereka menyerut kayu. Masing-masing sarang memiliki satu pintu masuk yang mungkin memiliki banyak terowongan yang berdekatan. Pintu masuk biasanya lubang lingkaran sempurna berukuran sekitar 16 mm (0.63 in) di bawah balok, bangku, atau dahan pohon. Lebah carpenter tidak makan kayu. Mereka membuang potongan-potongan kayu, atau menggunakan kembali partikel untuk membangun partisi antara sel-sel. Fungsi terowongan sebagai tempat pembibitan dan penyimpanan serbuk sari/ nektar yang menjadi makanan dari anak lebah ini.
wikipedia.org

Nolsatu

Blog ini untuk menyimpan karya-karya hasil saya belajar fotografi khususnya fotografi makro. Bukan berbagi ilmu, karena saya bukan ahlinya, dan masih belajar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar