Pages

Antlion (Undur-undur)


Seekor ant lion masuk rumah saya pada malam hari beberapa bulan yang lalu. Awalnya saya mengira kalau ini capung jarum karena tubuhnya yang lebih kecil dari capung biasa (maklum belum banyak tahu tentang serangga). Saya tangkap lalu saya masukkan ke dalam toples yang tutupnya sudah saya beri lubang udara.
Besoknya saya ambil beberapa foto kemudian saya share di grup fotografi macro sekalian mencari tahu ini serangga jenis apa. Dari situ saya mengetahui kalau ini adalah ant lion.
ant lion adalah serangga nocturnal, yang beraktivitas pada malam hari. Dikenal juga dengan undur-undur. Saat dewasa anatominya hampir menyerupai capung. Saat masih larva, ant lion hidup di dalam tanah dengan memangsa semut yang masuk ke dalam lubangnya yang berbentuk cekungan tanah. Disebut undur-undur karena memang jalannya mundur.
Waktu masih SD, kakak saya pernah sengaja bawa undur-undur yang didapat dari sekolah di Bandung, lalu dipelihara di dalam kaleng kecil berisi tanah. Setiap hari diberi makan semut hitam. lama-lama kok saya lihat tanahnya berserat. Waktu itu saya mengira kalau mereka semua mati. Justru sekarang saya baru tahu kalau mereka sedang bermetamorfosis menjadi Ant Lion dewasa yang bentuknya lebih besar dan panjang seperti pada foto ini.

Nolsatu

Blog ini untuk menyimpan karya-karya hasil saya belajar fotografi khususnya fotografi makro. Bukan berbagi ilmu, karena saya bukan ahlinya, dan masih belajar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar