Pages

Jumping Spider


Tidak biasanya saya ketemu jumping spider yang agresif ini. Setiap saya ambil foto selalu siap-siap melompat, kalau tidak ke lensa, ke tangan. Tangannya sering ambil posisi siap menyerang. Di waktu-waktu sebelumnya saya pernah ambil foto jumping spider yang lebih besar dari yang saya ambil ini, tapi anteng-anteng saja :)
Berikut saya share artikel tentang jumping spider yang saya kutip dari wikipedia.




Jumping Spider/laba-laba peloncat

Salticidae atau laba-laba peloncat adalah famili laba-laba yang terdiri atas lebih dari 5.000 spesies dalam 530 genera, atau sekitar 13% dari seluruh spesies laba-laba yang menjadikan Salticidae sebagai famili laba-laba terbesar.

Beberapa spesies Salticidae memiliki penglihatan terbaik di antara artropoda dan menggunakannya dalam perkawinan, berburu, dan navigasi. Meskipun mereka biasanya bergerak dengan tenang dan cukup lambat, sebagian besar spesies mampu meloncat sangat lincah, terutama ketika berburu, atau kadang-kadang sebagai respons terhadap ancaman mendadak. Paru-paru buku dan sistem trakea mereka berkembang dengan baik, dan mereka menggunakan kedua sistem tersebut (pernapasan bimodal). Laba-laba peloncat biasanya dikenali dari susunan matanya. Semua laba-laba peloncat memiliki empat pasang mata dengan satu pasang secara khusus menjadi mata anterior median besar mereka.


Karakteristik yang membedakan
Laba-laba peloncat termasuk yang paling mudah dibedakan yang tergolong familia laba-laba lain karena bentuk cephalothorax dan susunan mata mereka. Famili yang paling mendekati Salticidae dalam hal penampakan fisik secara umum adalah Corinnidae (dibedakan juga oleh duri yang menonjol di bagian belakang empat kaki), Oxyopidae (dibedakan oleh duri yang sangat menonjol pada semua kaki), dan Thomisidae (laba-laba kepiting, dibedakan dengan empat kaki depan mereka, yang sangat panjang dan kuat). Namun, dari ketiga famili itu tidak ada satu pun yang memiliki mata menyerupai mata Salticidae. Sebaliknya, kaki-kaki laba-laba peloncat tidak memiliki duri menonjol apapun. Empat kaki depan mereka umumnya lebih besar daripada empat kaki belakang, tetapi tidak sedramatis kaki laba-laba kepiting, dan mereka juga tidak dapat berdiri dengan posisi kaki depan terentang seperti karakteristik perilaku Thomisidae. Meskipun kaki depan mereka panjang, Salticidae bergantung pada kaki belakang mereka untuk meloncat. Umumnya kaki depan digunakan untuk membantu dalam menangkap mangsa dan pada beberapa spesies, kaki depan dan pedipalpus digunakan sebagai penandaan pengenalan spesies.

Laba-laba peloncat, tidak seperti famili lain, memiliki wajah yang secara kasar berbentuk persegi panjang dan tampak tegak lurus terhadap arah gerak mereka. Efeknya, ini berarti jika mereka dilihat dari depan, mata anterior mereka berada pada "wajah datar", seperti yang ditunjukkan dalam foto. Susunan mata mereka adalah karakteristik pengenal tunggal yang paling jelas. Mereka memiliki delapan mata, seperti yang diilustrasikan. Tanda paling umum adalah empat mata di barisan depan, yang terlihat bahwa pasangan mata anterior median lebih menonjol secara dramatis dibandingkan dengan mata laba-laba lain, kecuali mata posterior median Deinopidae. Meskipun demikian, ada perbedaan fungsi radikal antara mata utama Salticidae dengan mata utama Deinopidae; mata posterior besar Deinopidae beradaptasi terutama untuk penglihatan dalam cahaya redup, sedangkan mata anterior besar Salticidae menjadi alat penglihatan tiga dimensi yang sangat jelas dengan tujuan untuk memperkirakan jangkauan, arah, dan karakter mangsa potensial, sehingga memungkinkan laba-laba untuk mengarahkan lompatan menyerangnya dengan sangat presisi. Mata anterior lateral, meskipun besar, tetapi lebih kecil daripada mata anterior median dan memberikan lingkup penglihatan ke depan yang lebih lebar.

Empat mata di baris belakang bisa digambarkan sangat menyimpang letaknya, atau tersusun kembali menjadi dua baris, dengan dua mata posterior lateral besar sangat jauh di belakang. Empat mata tersebut digunakan untuk penglihatan lateral.

Ukuran panjang tubuh laba-laba peloncat bervariasi mulai 1 hingga 22 mm.

Di samping menggunakan sutra mereka untuk pengaman saat melompat, mereka juga membuat kandang sutra, tempat mereka berlindung dari cuaca buruk dan tidur di malam hari.

Habitat
Spesies dalam famili ini tinggal di banyak habitat, dari daun yang ada di darat hingga di atas pohon di hutan, dan bahkan di Gunung Everest. Mereka dapat ditemui di semua benua kecuali Antarktika.

Nolsatu

Blog ini untuk menyimpan karya-karya hasil saya belajar fotografi khususnya fotografi makro. Bukan berbagi ilmu, karena saya bukan ahlinya, dan masih belajar."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar